Belajar Pemasaran dari Produk Lovesock oleh Indblack




Salah satu hal terpenting dalam bisnis adalah pemasaran produk. Sebuah produk yang biasa saja, bisa menjadi booming kalau bagian pemasarannya handal. Sebaliknya, apa jadinya jika produk bagus namun tidak tahu bagaimana memasarkannya. Tentunya produk tersebut akan menumpuk dan tidak sampai kepada pengguna. Ketidak tahuan ini bisa jadi dilihat dari sisi ketiadaan strategi pemasaran ataupun ketidak mampuan sumberdaya-nya.

Hal inilah yang disadari oleh Indblack. Indblack yang baru berumur setahun lebih ini sedang berupaya merangkak maju lalu mulai bertumbuh dengan terus mengembangkan produk. Tentu ini tidak akan cukup, Indblack juga memiliki beberapa trobosan yang dilakukan untuk memperkenalkan sekaligus memasarkan produk yang dimiliki, salah satuya handsock.

Lovesock, produk handsock dari Indblack, telah dipasarkan dari Sabang sampai Merauke. Bahkan sudah sampai ke luar negri juga, lho. Tentu ini tidak mudah mengawalinya karena Indblack dengan Lovesock-nya dibangun benar-benar dari awal. Namun, dengan beberapa strategi pemasaran berikut, Indblack menjelma menjadi brand yang mulai dikenal di dunia fashion terutama oleh para muslimah.

Distributor dan Reseller. Indblack memiliki banyak distributor dan reseller yang telah tersebar di hampir seluruh Indonesia. Bahkan ada juga yang membawanya hingga mancanegara. Istimewanya, para distributor dan reseller ini semuanya adalah Emak-emak. Mereka membentuk sebuah jaringan yang disebut Emak Hebat. Di jaringan pemasaran Indblack ini tidak hanya menjual, namun juga belajar. Ada up date ilmu yang diberikan secara berkala agar para Emak ini memiliki lebih banyak bekal ilmu pamasaran.


Katalog dan Foto Cantik. Sebagian besar pemasaran produk Indblack dilakukan menggunakan sosial media, terutama Instagram. Di instagram, foto adalah salah satu hal yang harus ditonjolkan agar menarik. Karenanya, salah satu strategi agar berhasil memasarkan menggunakan instagram adalah dengan menampilkan foto produk yang menarik, cantik, dan tentu saja real atau sesuai dengan aslinya. Nggak asyik kan kalau foto produknya bagus, tapi barang aslinya jauh dari harapan ^^. Memang sih ini harus ada usaha lebih, diantaranya adalah dengan menyewa model dan fotografer. Ini pula yang dilakukan oleh Indblack.

Aktif dalam Pameran. Salah satu cara agar produk lebih dikenal oleh masarakat luas adalah dengan bergabung dalam pameran-pameran. Di sini produk dapat ditampilkan secara langsung kepada pembeli. Tak jarang lho, closing dengan nominal tak sedikit terjadi di area pameran ^^

Kemasan yang menawan. Tidak dapat dipungkiri, terkadang, kemasan dapat menjadi daya tarik seseorang membeli sebuah produk. Selain itu, kemasan juga dapat meningkatkan nilai jual produk. Jika sebah produk dikemas dengan sesuatu yang mewah, tentu image yang terbentuk itu adalah produk mewah.

Kolaborasi dengan Brand lain. Ini adalah salah satu trobosan dari Indblack. Tak tanggung-tanggung, brand yang digandeng untuk berkolaborasi adalah produk parfum by Rosa Beauty. Tentu hampir semua orang Indonesia tahu siap Rosa. Penyanyi bersuara merdu yang dijuluki diva Indonesia. Dengan kolaborasi diantara keduanya, tentu Indblack lebih dikenal oleh kalangan atas. Ini akan sangat menguntungkan, bukan ^^


Nah, itulah beberapa langkah yang dilakukan oleh Indblack untuk memasarkan produknya. Ini dapat dijadikan contoh oleh siapapun yang ingin mengembangkan bisnisnya, termasuk Anda. Selamat mencoba ^^
   


~ Hana Aina ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar