Setiap
pebisnis tentu menginginkan omzet yang baik dan terus naik. Namun untuk
mendapatkan hal demikian tidak semudah membalikkan telapak tangan. Harus ada
usaha untuk mencapainya. Bukan hanya usaha keras, namun juga berdarah-darah,
haha #lebay.
Setiap
bulan, pebisnis pasti merancang mau dibawa kemana arah usahanya. Termasuk berapa omset yang ingin dicapai di bulan ini. Memutuskan target omset itu
gampang-gampang susah, sesusah mencuri hatimu #eh :P Penetapan target
dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti harga jual, insensif bagi pemasar,
trend, serta kebutuhan pasar. Selain itu ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan agar dapat mencapai target penjualan.
Jelas. Jangan hanya mengatakan, “saya ingin penjualan meningkat!”
Meningkat itu berapa. Harus ada angka riil yang akan dicapai. Breakdown angka
tersebut. Bagi dengan 25 (asumsi hari kerja dalam 1 bulan). Anda akan
mendapatkan target penjualan harian yang harus terpenuhi.
Rencana penjualan. Setelah menentukan target penjualan yang
ingin dicapai, tentukan pula langkah apa saja yang harus dilakukan untuk
mencapai target tersebut. Anda dapat membuat program promo. Ini dimaksudkan
agar lebih banyak pembeli tertarik, lalu closing dengan nominal yang tentunya
tidak sedikit.
Tim penjualan. Anda bisa berkoordinasi dengan tim
penjualan tentang ini agar mereka lebih gencar promosi. Kuatkan tim penjualan. Beri
motivasi lebih banyak setiap harinya. Bukan hanya dengan kata-kata penyemangat
saja, namun juga reward. Buat semacam kompetisi antar mereka. Siapa yang paling
banyak closing, ada hadiah menanti ^^
Metrik Pencapaian. Gunakan metrik pencapaian untuk
membantu Anda mencapai target yang diinginkan. Ini adalah board keluaran
Indscript yang akan memandu Anda untuk secara konsisten mengingat target yang
Anda dambakan. Dalam hal ini adalah target penjualan bulanan.
Cara
penggunaanya mudah. Pada metrik ini terdapat 3 kolom: T (Target), A (Aktual),
dan U (Utang). Beri judul pada abgian board Target
Bulan ini. Cantumkan pula besaran angka yang ingin Anda capai bulan ini.
Cantumkan pula target penjualan harian Anda.
Semisal
target penjualan harian Anda adalah 1 juta per hari. Maka tulis di kolom T
angka 1 juta. Kemudian lakukan program Anda hingga terjadi closing. Kalau hari
ini Anda bisa closing 1 juta atau lebih, tulis di kolom A 1 juta, dan di kolom
U nol (0). Ini berarti, Anda tidak punya hutang untuk besok.
Tapi
jika semisal hari ini Anda hanya mampu closing 750 ribu saja (tulis di kolom
A), berarti Anda memiliki hutang besok sebesar 250 ribu (tulis di kolom U). Ini
berarti, esok hari T Anda bukan lagi 1 juta, tapi 1 juta + 250 ribu (utang
kemarin) = 1,250 juta. Ini adalah target penjualan Anda besok. Dan begitu
seterusnya.
Mudah
bukan penggunaannya. Metrik ini akan membantu Anda terus konsisten mencapai
target. Jika Anda ingin memiliki Metrik Pencapaian ini, hubungi official
Indscript, ya. Hanya dengan 300K saja, Anda sudah mendapatkan Metrik ini plus 2
board lainnya : Daily Activity, dan Dream Board ^^
~ Hana Aina ~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar