Perempuan
zaman now memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengaktualisasikan dan juga
mengembangkan kemampuannya. Salah satunya dalam bidang bisnis. Karenanya
muncullah istilah mompreneur, dimana seorang perempuan yang berperan sebagai
seorang ibu namun juga mampu menjalankan bisnis.
Bisnis
momprenuer tidak harus memiliki kantor ataupun toko resmi di suatu tempat.
Biasanya para mompreneur ini malah lebih banyak menjalankan bisnisnya dari rumah.
Tanpa harus punya kantor dan berblazer. Bisa jadi hanya duduk manis di salah satu sudut ruangan di dalam rumah dan berdaster. Apakah Anda salah satunya? ^^
Menjalankan
dua peran sekaligus memang gampang-gampang susah, ya. Ini terutama tentang membagi
waktu antara urusan rumah tangga dan bisnis. Keduanya harus seimbang. Jangan sampai
berat sebelah. Bisa-bisa diprotes oleh suami dan anak, haha ^^ Di sinilah
perlunya time management for mompreneur.
Agar
semua berjalan dengan baik dan lancar, alangkah baiknya jika Anda para
mompreneur memiliki time management yang baik. Ada beberapa hal bisa membantu Anda
mengelola waktu agar lebih efektif dan efisien.
Bangun lebih awal. Dengan bangun lebih awal Anda
memiliki lebih banyak waktu mengerjakan sesuatu. Membersihkan rumah, atau
mempersiapkan sarapan tentu akan lebih mudah sebelum anak-anak bangun. Anda
akan merasa lebih tenang, bukan ^^ Anda juga dapat memanfaatkan waktu sepi dini
hari untuk mempersiapkan bisnis Anda. Membuat materi iklan di sosial media,
misalnya. Atau mengecek stok barang yang habis.
Buat to do list. Buat daftar kegiatan yang akan Anda
lakukan setiap harinya. Kegiatan apapun itu, baik urusan rumah tangga maupun
bisnis. Dari bangun pagi, sampai sebelum tidur. Mulai dari kegiatan ringan,
sampai kegiatan penting. Daftar yang Anda buat ini dapat berfungsi sebagain
panduan agar Anda lebih fokus berkegiatan. Anda tahu apa yang akan lakukan berikutnya, setelah satu kegiatan selesai. Dan yang penting, tidak ada kata lupa karena
Anda telah menuliskan daftar kegiatan secara runut.
Buat skala prioritas. Setelah membuat daftar kegiatan yang
akan Anda lakukan seharian, saatnya Anda memilah. Mana kegiatan penting, mana
yang bisa dilakukan sambil lalu. Mana kegiatan yang butuh banyak waktu, mana kegiatan
yang bisa Anda lakukan sekaligus. Buatlah skala prioritas. Kegiatan yang
penting tentu harus didahulukan dari pada kegiatan yang lain.
Belajar multi tasking. Melakukan multitasking tidak ada
salahnya. Untuk kegiatan yang bisa Anda lakukan sekaligus, lakukanlah! Ini akan
menghemat waktu Anda. Dengan multitasking, banyak kegiatan yang bisa diselesaikan sekaligus. Anda dapat memanfaatkan waktu yang tersisa untuk melakukan kegiatan
yang lain. Salah satunya, istirahat. Anda seorang ibu pebisnis yang harus
mengurus banyak hal. Karenanya ambilah istirahat yang cukup agar stamina Anda
tetap terjaga. Jangan lupa memasukkan ini ke dalam to do list Anda, ya ^^
Daily Activities board. Memvisualisasikan apa yang akan Anda
lakukan tentu akan lebih mudah dari pada Anda mengingatnya terus dipikiran.
Bisa jadi Anda lupa. Inilah pentingnya mencatat. Anda dapat menggunakan Daily
Activities Board. Ini adalah papan yang dapat Anda isi dengan daftar kegiatan
keseharian, serta hal-hal penting yang harus dilakukan baik harian ataupun mingguan.
Anda dapat menggantungkan papan mungil ini di tempat strategis, dimana Anda dapat melihatnya
setiap saat. Tentu ini akan menjadi lebih mudah, bukan. Saat Anda selesai
dengan suatu kegiatan, tinggal baca saja yang tertulis di papan ini, apa
kegiatan Anda berikutnya ^^
Anda
ingin memiliki Daily Activities ini? Atau malah ingin ikut memasarkannya? Anda
bisa bergabung menjadi marketer produk Super Board yang terdiri dari Matrik
Pencapaian, Daily Activity, dan Juga Dream Board. Modalnya terjangkau. Hanya
300K saja. Langsung hubungi official Indscript, ya.
~ Hana Aina ~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar