Time Managemant Bagi Mompreneur



Perempuan zaman now memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengaktualisasikan dan juga mengembangkan kemampuannya. Salah satunya dalam bidang bisnis. Karenanya muncullah istilah mompreneur, dimana seorang perempuan yang berperan sebagai seorang ibu namun juga mampu menjalankan bisnis.

Bisnis momprenuer tidak harus memiliki kantor ataupun toko resmi di suatu tempat. Biasanya para mompreneur ini malah lebih banyak menjalankan bisnisnya dari rumah. Tanpa harus punya kantor dan berblazer. Bisa jadi hanya duduk manis di salah satu sudut ruangan di dalam rumah dan berdaster. Apakah Anda salah satunya? ^^

Menjalankan dua peran sekaligus memang gampang-gampang susah, ya. Ini terutama tentang membagi waktu antara urusan rumah tangga dan bisnis. Keduanya harus seimbang. Jangan sampai berat sebelah. Bisa-bisa diprotes oleh suami dan anak, haha ^^ Di sinilah perlunya time management for mompreneur.

Agar semua berjalan dengan baik dan lancar, alangkah baiknya jika Anda para mompreneur memiliki time management yang baik. Ada beberapa hal bisa membantu Anda mengelola waktu agar lebih efektif dan efisien.


Bangun lebih awal. Dengan bangun lebih awal Anda memiliki lebih banyak waktu mengerjakan sesuatu. Membersihkan rumah, atau mempersiapkan sarapan tentu akan lebih mudah sebelum anak-anak bangun. Anda akan merasa lebih tenang, bukan ^^ Anda juga dapat memanfaatkan waktu sepi dini hari untuk mempersiapkan bisnis Anda. Membuat materi iklan di sosial media, misalnya. Atau mengecek stok barang yang habis.

Buat to do list. Buat daftar kegiatan yang akan Anda lakukan setiap harinya. Kegiatan apapun itu, baik urusan rumah tangga maupun bisnis. Dari bangun pagi, sampai sebelum tidur. Mulai dari kegiatan ringan, sampai kegiatan penting. Daftar yang Anda buat ini dapat berfungsi sebagain panduan agar Anda lebih fokus berkegiatan. Anda tahu apa yang akan lakukan berikutnya, setelah satu kegiatan selesai. Dan yang penting, tidak ada kata lupa karena Anda telah menuliskan daftar kegiatan secara runut.

Buat skala prioritas. Setelah membuat daftar kegiatan yang akan Anda lakukan seharian, saatnya Anda memilah. Mana kegiatan penting, mana yang bisa dilakukan sambil lalu. Mana kegiatan yang butuh banyak waktu, mana kegiatan yang bisa Anda lakukan sekaligus. Buatlah skala prioritas. Kegiatan yang penting tentu harus didahulukan dari pada kegiatan yang lain.

Belajar multi tasking. Melakukan multitasking tidak ada salahnya. Untuk kegiatan yang bisa Anda lakukan sekaligus, lakukanlah! Ini akan menghemat waktu Anda. Dengan multitasking, banyak kegiatan yang bisa diselesaikan sekaligus. Anda dapat memanfaatkan waktu yang tersisa untuk melakukan kegiatan yang lain. Salah satunya, istirahat. Anda seorang ibu pebisnis yang harus mengurus banyak hal. Karenanya ambilah istirahat yang cukup agar stamina Anda tetap terjaga. Jangan lupa memasukkan ini ke dalam to do list Anda, ya ^^


Daily Activities board. Memvisualisasikan apa yang akan Anda lakukan tentu akan lebih mudah dari pada Anda mengingatnya terus dipikiran. Bisa jadi Anda lupa. Inilah pentingnya mencatat. Anda dapat menggunakan Daily Activities Board. Ini adalah papan yang dapat Anda isi dengan daftar kegiatan keseharian, serta hal-hal penting yang harus dilakukan baik harian ataupun mingguan. Anda dapat menggantungkan papan mungil ini di  tempat strategis, dimana Anda dapat melihatnya setiap saat. Tentu ini akan menjadi lebih mudah, bukan. Saat Anda selesai dengan suatu kegiatan, tinggal baca saja yang tertulis di papan ini, apa kegiatan Anda berikutnya ^^

Anda ingin memiliki Daily Activities ini? Atau malah ingin ikut memasarkannya? Anda bisa bergabung menjadi marketer produk Super Board yang terdiri dari Matrik Pencapaian, Daily Activity, dan Juga Dream Board. Modalnya terjangkau. Hanya 300K saja. Langsung hubungi official Indscript, ya.



~ Hana Aina ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar