Bagi
penulis, deadline adalah saat-saat dimana hidup serasa terhimpit oleh waktu
yang berjalan cepat dan terus mendekat. Bahkan terkadang naskah tulisan belum
selesai, tapi tenggat waktu telah berlalu, hmm. Kalau sudah begini perlu sebuah
alat ataupun metode untuk dapat membantu penulis dalam mengatur waktunya dengan
baik, termasuk membantu disiplin dan menentukan target menulis setiap harinya.
Sebuah
terobosan baru dikeluarkan oleh Indscript. Sebuah alat yang dapat digunakan
untuk memanaje waktu penulis agar siap menghadapi deadline tulisan. Yup! Ini dia. Metrik Pencapaian. Ini adalah board dengan deretan
tanggal dalam satu bulan. Dalam setiap harinya akan terbagi ke dalam 3 hal.
Target, Aktual, dan Hutang. Dengan menggunakan metrik ini, Anda para penulis
dapat mengatur target harian hingga target bulanan.
Cara
kerja metrik ini sangat sederhana, lho. Anda cukup membuat target dalam satu
bulan, lalu membagi target tersebut ke dalam target harian. Sebagai contoh jika
seorang penulis ingin menulis sebuah buku berisi 120 halaman dalam 1 bulan.
Target 120 halaman tersebut dibagi dalam 30 hari. Sehingga dalam 1 hari penulis
harus menyelesaikan tulisan sebanyak 4 halaman. Jika ternyata suatu hari
penulis hanya bisa menyelesaikan 3 halaman saja, berarti penulis punya hutang 1
halaman. Hari berikutnya penulis harus menulis 5 halaman. Namun jika hari ini
penulis bisa menulis 5 halaman, keesokannya tetap menulis 4 halaman. Jadi
intinya, bila menulis kurang dari target berarti menulis berhutang dan dilunasi
pada hari berikutnya.
Memiliki
metrik ini seperti memaksakan sebuah kebiasaan baru. Yaitu agar Anda para
penulis senantiasa disiplin menulis. Kebiasaan yang bagus, bukan. Secara tidak
langsung Anda akan fokus dan bersemangat untuk menyelesaikan tulisannya tepat
waktu. Percaya atau tidak, ini akan meningkatkan rasa percaya, lho. Apalagi
jika Anda bisa menyelesaikan tulisannya sebelum deadline yang telah disepakati.
Pasti lebih bangga lagi. Anda juga dapat memaksimalkan penggunaan metrik ini
dengan cara membuat target yang realistis, berkomitmen dengan target yang
dibuat, berpikiran positif, optimis, serta kreatif.
Lalu,
siapa saja yang bisa menggunakan metrik ini?
“Siapa
saja. Mulai dari penulis, calon penulis, para profesional yang akan mulai
menulis, goshtwriter dengan deadline yang mepet, pendidik yang akan berencana
membuat modul pembelajaran bagi siswanya, penerbit yang ingin memberikan
motivasi kepada para penulisnya, atau juga pebisnis direct selling yang ingin
mengembangkan penjualan produknya,” tegas Indari Mastuti, owner dari
Indscriptcreative.
Bagaimana?
Anda tertarik memilikinya? Atau malah ingin ikut memasarkannya? Gabung yuk
menjadi marketer produk Super Board yang terdiri dari Matrik Pencapaian, Daily
Activity, dan Juga Dream Board. Modalnya terjangkau. Hanya 300K saja. Langsung
hubungi official Indscript, ya. Selamat menggunakan metrik dan tingkatkan
produktivitas anda!
~ Hana Aina ~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar