Manajeman Waktu Bagi Pebisnis


Menjadi seorang pebisnis harus memiliki kemampuan manajemen yang baik. Apalagi jika Anda memiliki beberapa peran sekaligus dalam kehidupan Anda. Anda seorang mompreneur, misalnya. Anda harus dapat mengatur dengan baik antara kewajiban di rumah sebagai istri, ibu, dan juga tugas Anda sebagai seorang pebisnis.

Pun demikian dengan Indari Mastuti. Owner dari Indblack yang sekaligus ibu dari 2 orang anak ini juga harus membiasakan diri dengan segudang aktivitas mulai dari dari bangun tidur hingga tidur lagi. Aktivitasnya banyak karena peran gandanya di rumah dan juga di perusahananya Indblack yang meluncurkan produk handsock kekinian dengan nama Lovesock. Karenanya Teh Indari harus dapat mengatur dengan baik, terutama waktu yang dimiliki, agar semua tugas dari masing-masing perannya dapat dilaksanakan dengan baik. Berikut tips yang juga dapat Anda terapkan di keseharian :

Tulis rencana harian. Sebelum tidur, tuliskan rencana kegiatan yang akan Anda lakukan selama seharian esok. Tulis semuanya dalam sebuah kertas, dari bangun tidur hingga mau tidur. Ini sebagai gambaran kegiatan apa yang akan Anda lakukan. Dengan adanya list kegiatan, aktivitas Anda menjadi lebih terencana dengan baik.


Tulis sedetail mungkin. Setelah mengetahuai garis besar kegiatan esok, tulis lebih rinci lagi kegiatan tersebut. Cantumkan jam dan durasi yang kira-kira Anda butuhkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Ini untuk mempermudah Anda untuk mengatur waktu antara kegiatan satu dengan yang lain. Cantumkan pula apa saja yang akan Anda lakukan di jam tersebut. Kalau ada beberapa kegiatan dapat dilaksanakan dalam 1 waktu, akan lebih baik.

Kelompokkan.  Untuk mempermudah Anda dalam membuat skala prioritas dalam setiap kegiatan, tak ada salahnya Anda mengelompokkan kegiatan-kegiatan tersebut ke dalam 3 kelompok : sangat penting, penting, agak penting. Anda dapat memprioritaskan kegiatan sangat penting untuk dilakukan terlebih dahulu.

Perbarui terus. Jika memang di tengah hari ada kegiatan baru yang harus Anda lakukan, tambahkan saja pada daftar. Ini mempermudah Anda agar tidak terlupa.

Fleksibel. Banyak hal yang bisa saja tiba-tiba terjadi dan menggangu Anda dalam menjalankan daftar kegiatan. Tak perlu panik. Feksibel saja. Tetap fokus pada daftar kegiatan yang sudah ada. Namun jika ada kendala untuk melaksanakannya, Anda bisa menundanya untuk dilaksanakan keesokan hari. Itu pun jika memungkinkan. Tapi kalau memang itu adalah sesuatu yang penting dan tidak dapat ditolelir, maka Anda harus melaksanakannya hari itu juga.


Sesuatu yang telah direncanakan dengan baik tentu akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik pula. Pun demikian dengan aktivitas harian Anda. Daftar kegiatan dapat membantu Anda memanfaatkan waktu dengan efisien dan lebih terarah. Alhasil akan lebih banyak kegiatan dapat dilakukan. Apalagi Anda pebisnis dimana waktu adalah sesuatu yang berharga. Ibarat kata, waktu adalah uang. Iyes atau iyes?



~ Hana Aina ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar