Kepuasan
konsumen adalah satu komponen penting dalam bisnis. Saat konsumen puas dengan
barang atau jasa yang Anda tawarkan, tidak tertutup kemungkinan mereka akan
melakukan repeat order. Pun demikian sebaliknya. Jika mereka kecewa atas barang
atau jasa yang Anda tawarkan, mereka tidak akan membeli lagi. Mereka kapok.
Waduh, jangan sampai ini terjadi, ya. Karenanya, kepuasan konsumen perlu
dipertahankan.
Banyak
cara dilakukan untuk mewujudkan itu. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Indari
Mastuti, owner Indblack yang terkenal dengan handsock premiumnya berlabel
Lovesock. Menurut Teh Indari, demikian dia biasa disapa, salah satu cara
mempertahankan kepuasan konsumen adalah dengan memberikan pelayan
sebaik-baiknya. Ini bukan hanya saat terjadi transaksi saja. Namun setelahnya
pun para konsumen tetap mendapatkan pelayanan yang baik. Salah satunya adalah
dengan membangun komunikasi yang baik dengan mereka.
Komunikasi
yang baik dengan konsumen akan menciptakan rasa nyaman bagi mereka. Mereka akan
merasa diperhatikan, bukan hanya dibutuhkan jika ingin closing saja. Anda dapat
berkomunikasi dengan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung.
Komunikasi
secara tidak langsung misalnya menyapa melalui media sosial. Anda dapat membuat
status-status berfaedah untuk menyapa mereka secara umum. Misalnya nih, Anda
memposting tentang tips-tips keseharian, kisah-kisah inspiratif, dll. Seumpama
mereka membalas postingan Anda, tetap tanggapi dengan baik. Jangan diabaikan.
Sesekali tak ada salahnya lho jika Anda yang komentar di postingan mereka. Yakin
deh, mereka pasti akan meresponnya dengan positif.
Cara
lainnya adalah dengan komunikasi personal. Jika memang Anda tidak begitu repot,
Anda dapat menyapa mereka lewat pesan whatsapp, misalnya. Anda dapat menanyakan
kabar, atau menanyakan kesan mereka setelah membeli produk Anda. Tentu ini akan
membuat konsumen Anda merasa lebih diperhatikan.
Apapun
bentuk komunikasi yang Anda lakukan kepada konsumen, usahakan dilakukan seramah
mungkin. Kebayangkan kalau Anda jutek. Meski lewat bahasa tulisan, tapi tetap
terasa lho bedanya antara yang jutek dengan yang ramah. Jadi, baik-baik ya
dengan konsumen Anda. Karena kepuasan konsumen itu tidak hanya di dapat saat
closing saja, namun bisa juga setelahnya. Siapa tahu, kalau konsumen Anda puas,
mereka bisa naik tingkat menjadi pelanggan dan terus repeat order lagi dan lagi.
Mau?
~ Hana Aina ~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar