Tips Merawat Kepuasan Konsumen Agar Closing Lagi dan Lagi, Ala Indblack




Kepuasan konsumen adalah satu komponen penting dalam bisnis. Saat konsumen puas dengan barang atau jasa yang Anda tawarkan, tidak tertutup kemungkinan mereka akan melakukan repeat order. Pun demikian sebaliknya. Jika mereka kecewa atas barang atau jasa yang Anda tawarkan, mereka tidak akan membeli lagi. Mereka kapok. Waduh, jangan sampai ini terjadi, ya. Karenanya, kepuasan konsumen perlu dipertahankan.

Banyak cara dilakukan untuk mewujudkan itu. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Indari Mastuti, owner Indblack yang terkenal dengan handsock premiumnya berlabel Lovesock. Menurut Teh Indari, demikian dia biasa disapa, salah satu cara mempertahankan kepuasan konsumen adalah dengan memberikan pelayan sebaik-baiknya. Ini bukan hanya saat terjadi transaksi saja. Namun setelahnya pun para konsumen tetap mendapatkan pelayanan yang baik. Salah satunya adalah dengan membangun komunikasi yang baik dengan mereka.


Komunikasi yang baik dengan konsumen akan menciptakan rasa nyaman bagi mereka. Mereka akan merasa diperhatikan, bukan hanya dibutuhkan jika ingin closing saja. Anda dapat berkomunikasi dengan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung.

Komunikasi secara tidak langsung misalnya menyapa melalui media sosial. Anda dapat membuat status-status berfaedah untuk menyapa mereka secara umum. Misalnya nih, Anda memposting tentang tips-tips keseharian, kisah-kisah inspiratif, dll. Seumpama mereka membalas postingan Anda, tetap tanggapi dengan baik. Jangan diabaikan. Sesekali tak ada salahnya lho jika Anda yang komentar di postingan mereka. Yakin deh, mereka pasti akan meresponnya dengan positif.

Cara lainnya adalah dengan komunikasi personal. Jika memang Anda tidak begitu repot, Anda dapat menyapa mereka lewat pesan whatsapp, misalnya. Anda dapat menanyakan kabar, atau menanyakan kesan mereka setelah membeli produk Anda. Tentu ini akan membuat konsumen Anda merasa lebih diperhatikan.


Apapun bentuk komunikasi yang Anda lakukan kepada konsumen, usahakan dilakukan seramah mungkin. Kebayangkan kalau Anda jutek. Meski lewat bahasa tulisan, tapi tetap terasa lho bedanya antara yang jutek dengan yang ramah. Jadi, baik-baik ya dengan konsumen Anda. Karena kepuasan konsumen itu tidak hanya di dapat saat closing saja, namun bisa juga setelahnya. Siapa tahu, kalau konsumen Anda puas, mereka bisa naik tingkat menjadi pelanggan dan terus repeat order lagi dan lagi. Mau?



~ Hana Aina ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar