Ingin Mencapai Target Penjualan? Berikut Stepnya


Pebisnis mana sih yang nggak senang kalau mencapai target penjualan. Semua pasti senang, dong. Etapi untuk mencapai target penjualan yang baik dan senantiasa naik dan terus naik, tidak semudah membalikkan telapak tangan, lho. Sim salabim, omzet langsung melesat. Tentunya ada hal-hal yang harus dilakukan sebagai upaya dan strategi untuk berada di pencapaian tersebut.

Indari Mastuti owner dari Indblack, produsen handsock yang terkenal dengan brand lovesock, membagikan tipsnya kepada Anda para pebisnis yang sudah bosan selalu tidak mencapai target dalam penjualan. Eh, tips ini juga bisa digunakan untuk Anda para pemasar, entah itu distributor, reselller, ataupun marketer. Apa saja sih step-step ala Teh Indari untuk mencapai terget?

Buat target yang jelas. Target adalah sesuatu yang penting dalam sebuah pencapaian. Bagaimana Anda bisa dikatakan berhasil jika tidak ada target yang dipatok. Pun demikian dengan bisnis. Anda harus memiliki target yang jelas. Bukan hanya target tinggi, atau omzet tinggi. Harus lebih jelas lagi. Tinggi itu berapa. Harus ada angka nyata yang Anda ingin dicapai setiap bulannya.

Breakdown target menjadi harian. Setelah Anda memiliki angka nyata yang ingin dicapai, Anda dapat mem-breakdown angka tersebut. Anggap saja satu bulan ada 25 hari aktif, maka angka tersebut dibagi dengan 25 hari. Maka Anda akan mendapatkan angka yang lebih kecil. Angka inilah yang harus Anda capai setiap harinya. Dengan kata lain, ini adalah minimal transaksi harian Anda.


Rancang program baru setiap bulan. Untuk menarik pembeli agar melakukan lebih banyak transaksi, Anda dapat membuat program pembelian. Ini bisa berganti setiap hari, seminggu sekali, atau sebulan sekali. Anggap saja ini sebagai pancingan agar lebih banyak transaksi terjadi. Program pembelian yang Anda berikan dapat berupa potongan diskon atau bonus barang lainnya. Tapi tentu saja ada syarat dan ketentuan berlaku. Misal ada minimal pembelian jika menginginkan program tersebut.

Evaluasi bulanan. Jika program sudah berjalan, Anda dapat melakukan evaluasi setiap bulannya. Apakah program yang sudah berjalan berdampak positif pada penjualan dan omzet. Untuk mendukung ini, Anda harus mencatat setiap transaksi yang terjadi. Anda juga harus mendokumentasikan data para pembeli.

Optimis. Program apapun yang Anda jalankan, awali dengan rasa optimis. Ini akan mendongkrak rasa percaya diri Anda dan tim. Ini dapat membuat Anda lebih berpikiran positif. Dan biasanya, segala sesuatu yang berasal dari pikiran positif akan berakhir dengan baik. Cobalah! ^^


Mencapai target penjualan atau bahkan melampauinya memang butuh usaha tim. Dan bisa jadi ini butuh usaha berkali-kali sebelum target benar-benar tercapai. Tapi tak perlu risau. Nikmati saja prosesnya. Semoga berhasil ^^



~ Hana Aina ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar