Pentingnya Kemasan Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual



Mungkin sebagian Anda para pengusaha kurang memperhatikan kemasan dari produk yang Anda jual. Sebagian lainnya hanya menganggap itu adalah alat pembungkus. Yup, Anda benar. Kemasan adalah pelindung produk dari goresan yang dapat menyebabkan produk tersebut rusak dan cacat. Tentu kalau produk yang sudah dalam kondisi demikian menjadi kurang menarik hingga akhirnya tidak laku.

Etapi tahukah Anda, ternyata kemasan juga memiliki manfaat lebih dari sekedar pembungkus. Kemasan dapat berfungsi sebagai penarik pembeli. Selain kualitas produk, pelayanan, pemasaran, kemasan juga menjadi salah satu pertimbangan saat membeli produk.

Beberapa hal yang selalu menarik pembeli dari sebuah kemasan adalah desain, warna, dan bahan. Karenanya tak salah, produsen yang sadar betul akan pengaruh dari kemasan dalam pemasaran produknya selalu mempertimbangkan dengan matang kemasan seperti apa yang akan dipakainya. Bahkan ada beberapa dari mereka yang sengaja menyewa expert di bidang ini. Secara tidak langsung, ini juga menjadi bagian dari strategi pemasaran.

Kemasan juga berhubungan dengan branding, lho. Semakin unik dan menarik sebuah kemasan, semakin mudah pembeli mengenalinya. Ini pula yang disadari oleh Indblack. Karenanya sejak awal kemunculannya, Indblack berupaya terus untuk menyajikan produk dalam kemasan yang unik.


Awal kemunculan Indblack memproduksi handsock yang dikenal dengan Lovesock. Kemasan awal handsock ini berupa botol. Pertimbangan pemilihan kemasan ini adalah keunikan karena selama ini belum ada handsock dengan harga di atas rata-rata, yang mengemas produknya dalam kemasan botol. Botolnya pun tidak sembarang botol. Bentuk botol yang dipilih adalah yang nampak mungil hingga memberi kesan elegan.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, kemasan ini direvisi. Beberapa kendala di lapangan tidak dapat dihindari. Misalnya saja timbangan produk menjadi lebih berat saat bersama kemasan. Tentu ini mempengaruhi ongkos kirim ke pembeli yang menjadi lebih mahal. Kendala lainnya adalah botol yang rentan pecah saat pengiriman. Pertimbangan itulah yang membuat Indblack kemudian mengubah kemasan handsocknya ke kardus. Kardusnya pun bukan sembarang kardus. Kardus ini didisain dengan menarik hingga tetap memberi kesan elegan.

Selain kemasan kardus untuk produk regulernya, Indblack pun menggunakan kemasan box. Etapi untuk kemasan box tidak untuk produk reguler, ya. Ini adalah kemasan khusus untuk produk premium dengan harga yang jauh lebih mahal dari harga handsock regulernya. Kemasan box yang digunakan ini membuat produk nampak lebih mahal.

Nah, dari sini Anda dapat mengetahui, bahwa kemasan memberikan pengaruh pada nilai jual. Produk yang dikemas dalam kemasan yang unik, menarik, atau bahkan elegan akan dapat diterima di pasaran dengan harga di atas rata-rata kebanyakan produk sejenis. Pembeli akan memaklumi. Namun ini jangan sampai mengesampingkan kualitas produk itu sendiri, ya. Keduanya harus saling melengkapi agar produk bisa dijual dengan harga tinggi.



~ Hana Aina ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar