Mungkin
sebagian Anda para pengusaha kurang memperhatikan kemasan dari produk yang Anda
jual. Sebagian lainnya hanya menganggap itu adalah alat pembungkus. Yup, Anda
benar. Kemasan adalah pelindung produk dari goresan yang dapat menyebabkan
produk tersebut rusak dan cacat. Tentu kalau produk yang sudah dalam kondisi
demikian menjadi kurang menarik hingga akhirnya tidak laku.
Etapi
tahukah Anda, ternyata kemasan juga memiliki manfaat lebih dari sekedar
pembungkus. Kemasan dapat berfungsi sebagai penarik pembeli. Selain kualitas
produk, pelayanan, pemasaran, kemasan juga menjadi salah satu pertimbangan saat
membeli produk.
Beberapa
hal yang selalu menarik pembeli dari sebuah kemasan adalah desain, warna, dan
bahan. Karenanya tak salah, produsen yang sadar betul akan pengaruh dari
kemasan dalam pemasaran produknya selalu mempertimbangkan dengan matang kemasan
seperti apa yang akan dipakainya. Bahkan ada beberapa dari mereka yang sengaja
menyewa expert di bidang ini. Secara tidak langsung, ini juga menjadi bagian
dari strategi pemasaran.
Kemasan
juga berhubungan dengan branding, lho. Semakin unik dan menarik sebuah kemasan,
semakin mudah pembeli mengenalinya. Ini pula yang disadari oleh Indblack. Karenanya
sejak awal kemunculannya, Indblack berupaya terus untuk menyajikan produk dalam
kemasan yang unik.
Awal
kemunculan Indblack memproduksi handsock yang dikenal dengan Lovesock. Kemasan
awal handsock ini berupa botol. Pertimbangan pemilihan kemasan ini adalah
keunikan karena selama ini belum ada handsock dengan harga di atas rata-rata,
yang mengemas produknya dalam kemasan botol. Botolnya pun tidak sembarang
botol. Bentuk botol yang dipilih adalah yang nampak mungil hingga memberi kesan
elegan.
Namun
seiring dengan berjalannya waktu, kemasan ini direvisi. Beberapa kendala di
lapangan tidak dapat dihindari. Misalnya saja timbangan produk menjadi lebih
berat saat bersama kemasan. Tentu ini mempengaruhi ongkos kirim ke pembeli yang
menjadi lebih mahal. Kendala lainnya adalah botol yang rentan pecah saat
pengiriman. Pertimbangan itulah yang membuat Indblack kemudian mengubah kemasan
handsocknya ke kardus. Kardusnya pun bukan sembarang kardus. Kardus ini
didisain dengan menarik hingga tetap memberi kesan elegan.
Selain
kemasan kardus untuk produk regulernya, Indblack pun menggunakan kemasan box.
Etapi untuk kemasan box tidak untuk produk reguler, ya. Ini adalah kemasan
khusus untuk produk premium dengan harga yang jauh lebih mahal dari harga
handsock regulernya. Kemasan box yang digunakan ini membuat produk nampak lebih
mahal.
Nah,
dari sini Anda dapat mengetahui, bahwa kemasan memberikan pengaruh pada nilai
jual. Produk yang dikemas dalam kemasan yang unik, menarik, atau bahkan elegan
akan dapat diterima di pasaran dengan harga di atas rata-rata kebanyakan produk
sejenis. Pembeli akan memaklumi. Namun ini jangan sampai mengesampingkan
kualitas produk itu sendiri, ya. Keduanya harus saling melengkapi agar produk
bisa dijual dengan harga tinggi.
~ Hana Aina ~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar