Untuk
mengembangkan usaha harus selalu ada inovasi. Salah satunya adanya peluncuran
produk baru secara berkala agar pasar tidak bosan. Selain untuk menjaga semangat
persaingan usaha, hal ini juga dapat membantu menjaga eksistensi perusahaan.
Hal
ini pula yang senantiasa dilakukan Indblack. Indblack dengan produk yang berupa
handsock, awalnya hanya memiliki beberapa motif saja. Seiring berjalannya
waktu, motif handsock dari Indblack yang dikenal dengan nama Lovesock ini lebih
bervariasi. Kini Indblack tidak hanya memiliki Lovesock saja. Secara berkala
Indblack mulai memperbanyak jenis produk yang dibuatnya. Diantaranya ada dompet
anti copet, putsing yaitu ciput anti pusing, dan kini yang terbaru adalah bros
dagu.
Ada
beberapa produsen merasa ragu saat harus meluncurkan produk baru. Tapi sebaliknya,
Indblack selalu percaya diri. Salah satu hal yang dilakukan untuk memantapkan
diri dalam meluncurkan produk baru adalah dengan strategi pre launching.
Pre launching adalah salah satu strategi untuk
mempromosikan dan memperkenalkan produk baru sebelum resmi diluncurkan. Ini
adalah salah satu strategi yang dianggap cukup efektif agar produk baru Anda
dikenal masyarakat sebelum produk tersebut benar-benar ada di pasaran. Berikut adalah
manfaat pre launching:
Mempromosikan produk. Produk baru perlu dipublikasikan.
Apalagi kalau publikasinya sampai viral, menjadi pembicaraan dimana-mana,
sampai-sampai orang penasaran dan menanti dengan sangat sampai saatnya produk
tersebut diluncurkan. Biasanya pada masa pre launching harga produk lebih murah
dari setelah launching karena adanya promo.
Tes Pasar. Pre launching juga dapat digunakan
untuk mengetahui seberapa antusias pasar terhadap produk yang akan Anda
luncurkan. Kalau bagus, Anda bisa dilanjutkan. Kalau kurang puas, alangkah
baiknya jika Anda segera lakukan pembenahan.
Masukan dan saran. Ketika pre launching bisa jadi Anda
akan mendapat masukan dari banyak pihak yang merupakan calon konsumen. Mereka
memberi masukan dari berbagai sudut pandang dan kepentingan konsumen. Ini bisa
Anda gunakan untuk mengetahui keinginan pasar yang sesungguhnya terhadap produk
Anda.
Menggaet konsumen pertama. Pada saat pre launching pula tidak
tertutup kemungkinan Anda akan closing.
Ini akan lebih besar peluang terjadi jika Anda sudah memiliki pelanggan tetap,
meskipun dapat pula terjadi pada pembeli baru. Apalagi saat pre launching harga
lebih hemat. Saat barang yang ditawarkan cocok dengan harga dan keinginan, maka
deal akan terjadi.
Ternyata
strategi pre launching sangat membantu ya. Jadi, apakah sudah mempersiapkan pre
launching untuk produk terbaru Anda?
~ Hana Aina ~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar