Pentingnya Inovasi Tiada Henti Dalam Bisnis




Menjadi pebisnis seharusnya tidak lekas puas dengan apa yang telah dicapainya. Dia harus senantiasa bergerak mencari target baru untuk menghasilkan inovasi-inovasi yang akan dijalankan perusahaan. Dengan adanya inovasi-inovasi baru setiap saat membuat bisnis menjadi lebih hidup.

Inovasi dalam bisnis salah satunya adalah dengan peluncuran produk baru. Ini bisa dilakukan secara berkala agar konsumen tidak bosan dengan produk yang itu itu saja. Karenanya, ide-ide baru diperlukan. Menurut Indari Mastuti, owner dari Indblack dengan produk andalannya handsock premium yang terkenal dengan nama Lovesock mengatakan, seorang pelaku bisnis harus rajin melakukan riset. Dengan ini mereka akan menemukan apa yang sedang menjadi trend di pasaran dan berpotensi untuk dikembangkan.

Bukan hanya sampai di situ. Inovasi dalam bentuk peluncuran produk baru juga dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen akan produk-produk yang lebih up to date. Ini menjadi penting dan tidak dapat diabaikan jika tidak ingin konsumen Anda pergi berpaling pada produk lain yang lebih kekinian.


Masih menurut Teh Indari, demikian dia biasa disapa, seorang pebisnis haruslah senantiasa optimis dalam setiap peluncuran produk barunya. Tentunya ini bukan tanpa alasan. Sikap optimis dapat menumbuhkan sikap percaya diri serta pikiran positif bahwa produk baru yang diluncurkan akan diterima baik oleh pasar. Tapi ini bukan berarti perusahaan menutup masukan dari konsumen atas produk barunya. Masukan terus diperlukan dalam rangka perbaikan.

Inovasi produk baru juga dapat menujukkan eksistensi perusahaan. Dengan mengeluarkan produk baru secara berkala secara tidak langsung Anda mengirim pesan kepada pesaing bahwa perusahaan Anda masih berjalan dengan baik. Apalagi jika produk-produk baru tersebut menjadi transenter dan banyak diminati oleh konsumen. Tentu ini akan membawa pendapatan besar peda perusahaan.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah produk yang akan diluncurkan dapat diterima oleh konsuman adalah dengan pre launching. Produsen dapat mengumumkan terlebih dahulu bahwa mereka akan mengeluarkan produk baru. Dari sini tanggapan dari calon konsumen didapat. Apalagi jika perusahaan Anda sudah memiliki pelanggan setiap yang selalu menanti sesuatu yang baru dari produk Anda.

Tanggapan yang Anda dapat bisa berupa pujian namun juga bisa jadi kritikan. Apapun itu, tanggapi semuanya dengan baik. Saya pernah menulis tentang manfaat prelaunching ini di tulisan sebelumnya Pre Launching.Strategi Indblack Luncurkan Produk Baru. Apa Manfaatnya?


Nah, ternyata jika menginginkan perusahaan Anda terus berkembang, pencarian ide-ide baru harus terus dilakukan. Invasi baru hrus selalu diluncurkan. Sudahkah Anda menemukan ide baru bagi perusahaan?



~ Hana Aina ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar