Menjadi
pebisnis seharusnya tidak lekas puas dengan apa yang telah dicapainya. Dia
harus senantiasa bergerak mencari target baru untuk menghasilkan inovasi-inovasi
yang akan dijalankan perusahaan. Dengan adanya inovasi-inovasi baru setiap saat
membuat bisnis menjadi lebih hidup.
Inovasi
dalam bisnis salah satunya adalah dengan peluncuran produk baru. Ini bisa
dilakukan secara berkala agar konsumen tidak bosan dengan produk yang itu itu
saja. Karenanya, ide-ide baru diperlukan. Menurut
Indari Mastuti, owner dari Indblack dengan produk andalannya handsock premium yang
terkenal dengan nama Lovesock mengatakan, seorang pelaku bisnis harus rajin
melakukan riset. Dengan ini mereka akan menemukan apa yang sedang menjadi trend
di pasaran dan berpotensi untuk dikembangkan.
Bukan
hanya sampai di situ. Inovasi dalam bentuk peluncuran produk baru juga dalam
rangka memenuhi kebutuhan konsumen akan produk-produk yang lebih up to date. Ini menjadi penting dan tidak
dapat diabaikan jika tidak ingin konsumen Anda pergi berpaling pada produk lain
yang lebih kekinian.
Masih
menurut Teh Indari, demikian dia biasa disapa, seorang pebisnis haruslah
senantiasa optimis dalam setiap peluncuran produk barunya. Tentunya ini bukan
tanpa alasan. Sikap optimis dapat menumbuhkan sikap percaya diri serta pikiran
positif bahwa produk baru yang diluncurkan akan diterima baik oleh pasar. Tapi
ini bukan berarti perusahaan menutup masukan dari konsumen atas produk barunya.
Masukan terus diperlukan dalam rangka perbaikan.
Inovasi
produk baru juga dapat menujukkan eksistensi perusahaan. Dengan mengeluarkan
produk baru secara berkala secara tidak langsung Anda mengirim pesan kepada pesaing
bahwa perusahaan Anda masih berjalan dengan baik. Apalagi jika produk-produk baru
tersebut menjadi transenter dan banyak diminati oleh konsumen. Tentu ini akan
membawa pendapatan besar peda perusahaan.
Salah
satu cara untuk mengetahui apakah produk yang akan diluncurkan dapat diterima
oleh konsuman adalah dengan pre launching. Produsen dapat mengumumkan terlebih
dahulu bahwa mereka akan mengeluarkan produk baru. Dari sini tanggapan dari
calon konsumen didapat. Apalagi jika perusahaan Anda sudah memiliki pelanggan
setiap yang selalu menanti sesuatu yang baru dari produk Anda.
Tanggapan
yang Anda dapat bisa berupa pujian namun juga bisa jadi kritikan. Apapun itu,
tanggapi semuanya dengan baik. Saya pernah menulis tentang manfaat prelaunching
ini di tulisan sebelumnya Pre Launching.Strategi Indblack Luncurkan Produk Baru. Apa Manfaatnya?
Nah,
ternyata jika menginginkan perusahaan Anda terus berkembang, pencarian ide-ide
baru harus terus dilakukan. Invasi baru hrus selalu diluncurkan. Sudahkah Anda menemukan
ide baru bagi perusahaan?
~ Hana Aina ~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar